imadrasah

Program bela negara yang dicanangkan kemhan akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo pada 19 Oktober 2015. Sebanyak 45.000 peserta dari seluruh daerah akan mulai melakukan pendidikan di tiap-tiap rindam.
"Di sini sekitar 200 orang ya. Nanti bisa di sini dulu kemudian kita bawa ke Gunung Bunder Bogor. Jadi lokasinya ada 2 tempat, kan 30 hari ya pelatihannya," ujar Danrindam Jaya Kolonel Inf Iwan Setiawan saat berbincang dengan detikcom di kantornya, Jl Condet Raya No.55, Pasar Rebo, Jaktim, Selasa (13/10/2015).
Pendidikan Bela Negara Via news.detik.com

Hal tersebut diamini oleh salah seorang peserta yang tengah menjalani bela negara di Rindam Jaya saat ini. Mereka adalah pegawai BPJS. Salah satunya adalah Daniel C Tambayong (26).

"Kalau bentak-bentak tiap hari tapi bukan marah, tegas aja. Awal kaget, tapi lama-lama adaptasi. Nggak ada dipukulin. Pelatihnya enak-enak," cerita Daniel saat ditemui di baraknya.

Daniel yang sedang beristirahat usai beraktivitas fisik itu mengakui, sanksi memang ada ketika ada yang tidak sesuai aturan. Seperti tidak memperhatikan kebersihan dan kerapihan. Tak heran ketika sedang beristirahat pun, para peserta bela negara BPJS ini sambil melakukan pembersihan sepatu.

"Paling pas kena sanksi, hukuman biasa aja kayak ada disuruh guling-guling, push up, terus jalan jongkok. Pertamanya sih beban ya tapi lama-lama asyik juga kok," tukas pria asal Ternate itu.

Pendidikan bela negara yang telah ia jalani selama 40 hari tersebut menurut Daniel sangat bermanfaat. Terutama untuk menjadi bekal ketika ia kembali ke kantornya.

"Berguna untuk kerja, disiplin. Karena semua diatur dari bangun sampai mau tidur lagi semua serba diatur. Terus belajar hormat atau respek sama yang melatih atau komandan, itu sebagai pelajaran bagaimana kita respek sama atasan," Daniel mengungkapkan.

Lalu jam berapa peserta bela negara harus bangun setiap harinya?

"Jam 04.00 WIB pagi itu apel. Jadi jam 03.30 WIB udah siap-siap bangun semua. Jam apel malam 21.15 WIB, jam 22.00 WIB harus tidur semua. Ada yang jaga serambi tiap malam di barak, 2 orang tiap sejam sekali jaga temennya tidur, gantian. Tapi nggak masalah, udah biasa jadinya. Jadi nambah disiplin dan kekompakan," pungkas Daniel.


sumber news.detik.com

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama