Soal UKG via mr.mung.web.id
Ujian Kompetensi Guru atau lebih dikenal dengan UKG merupakan ujian untuk para tenaga pendidik sebagai pemetaan kwalitas dari masing masih pengajar yang ada pada tingkat satuan pendidikan. Pada UKG Tahun 2015 ini menggunakan sistem CBT ( Computer Based Test) dengan waktu pengerjaan selama 120 menit. Soal yang diujikan antara 60-100 soal dengan soal dan yang berbeda-beda setiap peserta, sehingga peserta ujian meskipun bersebelahan kecil kemungkinan memperoleh tampilan yang sama.
Berikut adalah cuplikan dari Soal UKG SD Beserta Kunci Jawabannnya

1. Berikut ini adalah Karakteristik Anak Usia SD dari segi Psikomotorik, yaitu
a. Anak sudah dapat memakai pakaian dengan rapi
b. Anak dapat menciptakan sesuatu bentuk/benda dengan menggunakan alat
c. Anak sudah mulai memahami beberapa konsep abstrak seperti menghitung tanpa menggunakan benda
d. Anak menunjukan kepedulian terhadap orang lain

Jawaban : B
Pembahasan
Perkembangan bahasa anak usia SD dapat dilihat dari beberapa segi
•    Mental (cth: Anak mulai menunjukan tenggang rasa dan penghargaan terhadap teman, Anak menunjukan kepedulian terhadap orang lain)
•    Psikomotorik (cth: Anak mulai menciptakan sesuatu bentuk/benda dengan menggunakan alat, terjadi perubahan fisik, tinggi dan berat badan yang menonjol, Anak sudah memiliki gerakan yang bebas dan aman, Anak mampu melakukan koordinasi dan keseimbangan badan)
•    Sosial (cth: Anak sudah memakai pakaian dengan rapih, Anak dapat menampilkan sifat ingin tahu)
•    Emosional (cth: Anak menunjukan keceriaan dalam berbagai aktivitas bersama teman sebayanya, Anak dapat menunjukan sikap marah dalam kondisi yang wajar)
•    Kognitif (cth: Anak menunjukan kreatifitasnya dalam membentuk karya tertentu, Anak sudah mulai memahami beberapa konsep Abstak seperti menghitung tanpa menggunakan benda)

2. Faktor kendala yang mempengaruhi keterampilan berbahasa anak adalah sebagai berikut, kecuali …
a. Jenis Kelamin
b. Keluarga
c. Keinginan dan dorongan Komunikasi
d. Kebiasaan

Jawaban D


Pembahasan
Faktor penyebab perbedaan tersebut:
•    Kesehatan (Anak yang sehat lebih cepat belajar berbicara dibandingkan dengan anak yang kurang sehat, sebab perkembangan aspek aspek motorik dan aspek mental berbicaranya lebih baik sehingga lebih siap untuk belajar berbicara)
•    Kecerdasan (Anak yang memiliki kecerdasan tinggi, akan belajar berbicara lebih baik dan memiliki penguasaan bahasa erat kaitannya dengan kemampuan berpikir)
•    Jenis kelamin (Anak perempuan lebih dalam belajar bahasa daripada anak laki-laki, baik dalam pengucapan, kosa kata maupun keseringan berbahasa)
•    Keluarga (Semakin banyak jumlah anggota keluarga akan semakin sering anak mendengar dan berbicara. Demikian pula anak pertama lebih baik perkembangan berbicaranya karena orang tua lebih banyak memiliki waktu untuk berbicara dan berbahasa)
•    Keinginan dan Dorongan Komunikasi (Semakin kuat keinginan dan dorongan untuk berkomunikasi dengan orang lain terutama teman sebaya, akan semakin kuat pula usaha anak untuk berbicara dan berbahasa)
•    Kepribadian (Anak yang dapat menyesuaikan diri dengan baik dan memiliki kepribadian yang baik cenderung memiliki kemampuan bicara dan berbahasa lebih baik daripada anak yang mengalami masalah dalam penyesuaian)

Post a Comment

أحدث أقدم