Hallo sobat sekalian kali ini masih meneruskan yang sebelumnya mengenai VDI CBT Madrasah yang akan digunakan untuk Penilaian Harian di dalam kelas atau utuk kegiatan Ulangan yang lain dengan siswa menggunakan smartphone sebagai media ujian. Router Disini bukan untuk sebagai media untuk internet karena aplikasi ini dijalankan tidak membutukan koneksi internet, tetapi full ofline, AP router berfungsi sebagai penghubung data dari laptop kepada smartphone/ laptop siswa (client) dibawah ini ilustrasi jaringannya.
Topologi Jaringan
Apasaja yang harus dipersiapkan agar Ulangan Harian dengan CBT Madrasah didalam Kelas Terwujud mari saya akan bahas disini;

Perangkat Guru:
  1. VDI CBT Madrasah (dari artikel sebelumnya )
  2. LAPTOP 
  3. AP Router (wifi pemancar, contoh : tplink Wr840, Tenda N300 dll dengan alat ini mampu menampung user 20 siswa, jika digunakan banyak siswa kurang stabil) 
  4. Kabel LAN
  5. Stopkontak Listrik
Perangkat Siswa :
  1. Smartphone/ tablet (layar minimal 5.0inc)
  2. Aplikasi CLIENT-BK yang bisa didownload diplaystore 
aplikasi Client_BK
 Okeee Mari Kita lanjut ke seting di laptop yang digunakan sebagai virtual:
  1. Pastikan Virtual Box sudah ada dan diseting dengan benar berikut gambarnya
  
2. Pastikan kabel sudah terhubung antara laptop dengan Wifi Router sesuai gamba

 
3. Mengatur LAN Wifi Router dengan mode DHCP otomatic dengan segment 192.168.0.xxx
seting IP LAN tplink

Setting DHCP TPlink
Jangan lupa untuk klik simpan setelah mengaturnya, sampai disini router sudah diseting bahwa smartphone yang nati terhubung memiliki IP 192.168.0.150 s/d 192.168.0.199

4. Jalankan CBT Madrasah di Vitual box sampai berhasil dan Ujian siap dilaksanakan dengan klik Start pada tombol padah hijau di Virtual boxnya dan sampai muncul alamat IP virtual servernya dan buka browser dengan mengetikannya 192.168.0.101 sehinggal muncul tampilan awal CBT Madrasah.
Start VM CBT Madrasah
Tampilan Utama CBT Madrasah
Jika Ingin digabungkan dengan Server yang ada di Lab Madrasah Cukup Router tadi kabel LAN dimasukan Ke Switchub yang tersedia di Lab komputer  maka siswa dapat melaksankan ujian dengan dua mode yaitu ada yang menggunkan Komputer/ Laptop dan ada yang menggunkan smartphone.

Semoga bermanfaat dan berjalan dengan lancar, jika ada kendala sahbat sekalian bisa berkomentar dibawah atau menghubungi kami di menu yang tersedia.

3 Komentar

amik mengatakan…
saya coba akses 192.168.0.101 tampilnya 404 not found kenapa yah pak ... terima kasih pak
Admin imadrasah mengatakan…
silahkan tanggal dibuat sebelum bulan juli 2019, dan internet dinonaktifkan diserver
jon mengatakan…
Username dan password diisi apa Pa?
Lebih baru Lebih lama